Optimalisasi Macromedia
Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu
Komputer FPMIPA UPI
Pembelajaran menggunakan animasi
merupakan kesempatan untuk belajar yang dinamis.
Lingkungan
software pembelajaran menciptakan penilaian yang lebih intensif, yaitu disaat
teknologi meningkatkan efisiensi penilaian dalam lingkungan software
pembelajaran.
Prinsip-prinsip pada penilaian performent pembelajar tidak berubah
ketika diterapkan dengan software pembelajaran, tetapi lingkungan pembelajaran
terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari model pembelajaran konvensional.
Banyak keuntungan diperoleh dari penggunaan media komputer sebagai alat bantu
pembelajaran. Komputer dewasa ini digunakan sebagai media pembelajaran yang
canggih. Dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan komputer, komputer dapat
dijadikan sumber pembelajaran untuk bidang studi tertentu. Pengguanaan komputer
dalam pembelajaran dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu : program
latihan, program tutorial, program demonstrasi, program simulasi, dan program
permainan instruksional. Komputer (mikro) dapat merupakan media pengajaran yang
dapat memvisualisasikan berbagai fakta, keterampilan, konsep dan komputer juga
menampilkan gambar-gambar yang bergerak sesuai dengan keperluannya. Penggunaan
komputer yang bersifat interaktif dengan pemakainya bahwa program komputer yang
dapat menampilkan diagram atau gambar dapat dirancang untuk menyesuaikan dengan
respon pembelajar . Selain itu, penggunaan komputer dapat dirancang sedemikian
sehingga dapat berinteraksi dengan pemakainya. Komputer selain dapat
menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang lambat (slow
learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi mahasiswa yang
lebih cepat (fast learner).
Macromedia Flash adalah software yang dipakai luas oleh para
profesional web karena kemampuannya yang mengagumkan dalam menampilkan
multimedia, menggabungkan unsur teks, grafis, animasi, suara dan serta
interaktivitas bagi pengguna program animasi internet. Dewasa ini Macromedia
Flash telah menjadi primadona para designer web sebagai sarana untuk
menciptakan sebuah situs web yang menarik dan interaktif. Selain
itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game,
pembuatan navigasi pada situs web, banner, tombol animasi, menu interaktif,
interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan keseluruhan isi web
atau pembuatan aplikasi-aplikasi web lain. Animasi dan gambar yang dibuat
dengan flash akan tetap terlihat bagus pada ukuran windows dan resolusi layar
berapapun. Hal ini karena flash dibuat dengan teknologi vector graphic yang
mendeskripsikan gambar memakai garis dan kurva, sehingga ukurannya dapat diubah
sesuai kebutuhan tanpa mengurangi atau mempengaruhi kualitas dari gambar
tersebut. Waktu loading (kecepatan gambar atau animasi yang muncul) lebih cepat
dibanding dengan pengolahan animasi lainnya, seperti animated gifs dan java
applet. Juga mampu membuat website yang interaktif, karena user dapat
menggunakan keyboard atau mouse untuk berpindah ke bagian lain dari halaman web
atau movie, memindahkan objek, memasukkan informasi di form. Mampu menganimasi
grafis yang rumit dengan sangat cepat, sehingga membuat animasi layar penuh
bisa langsung disambung ke situs web.
Macromedia Flash (Flash MX) merupakan sebuah program aplikasi standar
authoring tool profesional yang digunakan untuk membuat animasi vektor dan
bitmap yang sangat menakjubkan untuk keperluan pembuatan situs web yang
interaktif dan dinamis. Software ini diimplementasikan sebagai salah satu media
pembelajaran mata kuliah Jaringan Komputer untuk kelas Pendidikan Ilmu Komputer
angkatan 2005 FPMIPA UPI.
Media pembelajaran adalah semua alat bantu atau benda yang digunakan
dalam kegiatan belajar mengajar, dengan maksud untuk menyampaikan pesan
pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal
ini anak didik ataupun warga belajar). Pesan yang disampaikan melalui media,
dalam bentuk isi atau materi pengajaran itu harus dapat diterima oleh penerima
pesan (anak didik), dengan menggunakan salah satu ataupun gabungan beberapa
alat indera mereka. Bahkan lebih baik lagi bila seluruh alat indera yang
dimiliki mampu menerima isi pesan yang disampaikan. Metode seperti ini
diharapkan dapat diterapkan dalam mata kuliah lain yang sejenis, yang
memerlukan media pembelajaran dan alat peraga interaktif dalam kegiatan belajar
mengajar. Kelebihan ini telah digunakan dalam
merancang program pembelajaran IPA berbasis komputer seperti kemampuannya
menggabungkan kemampuan animasi huruf dan gambar yang menarik, animasi gambar
dan huruf tetap terlihat bagus pada ukuran windows dan resolusi layar
berapapun, kecepatan gambar, animasi atau huruf yang akan ditampilkan (muncul)
dapat diatur kecepatannya serta dilengkapi dengan fasilitas tombol untuk dapat
berpindah dari satu bagian ke bagian lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar