KONSEP PROGRAM FORM PENDAFTARAN BEM KM UNDIP
Jadi, program tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic. Namun beberapa komponen yang ada dalam program tersebut masih dasar dan sederhana. Kami hanya menggunakan komponen tool yang belum memiliki terlalu banyak variasi tetapi program tersebut masih mudah dipelajari dan dijalani oleh pengguna pemula visual basic 2010. Contoh tool yang banyak kami pakai dalam program form pendaftaran BEM KM UNDIP ini adalah Label, Button, texbox, comboBox dan listbox.
Penggunaan tool pada tiap form adalah sebagai berikut :
1. Form 1
Pada form satu ini kami menamakannya sebagai ‘STEP 1’, maksudnya form tersebut adalah form yang berisi hal-hal yang harus diisikan pertama kali, karena merupakan form mengenai data pribadi, seperti nama, nama panggilan, tempat tanggal lahir, alamat, agama, jenis kelamin dan no.hp.
Pada form 1 ini tool-tool yang kami gunakan adalah label untuk menuliskan kata seperti nama, nama panggilan, TTL, jenis kelamin, no.hp, alamat, dan agama. Sedangkan untuk mengisinya kami menggunakan tool textbox, namun ada yang lain. Untuk mengisi tempat lahir kami menggunakan tool textbox kemudian di Multiline. Untuk tanggal bulan dan tahun lahir menggunakan tool ComboBox. Untuk jenis kelamin menggunakan tool RadioButton. Pada alamat kami menggunakan tool MaxLength untuk membatasi jumlah karakter pada alamat. Untuk tombol ‘next’ kami menggunakan tool button. Tombol ‘next’ jika diklik akan menuju pada form 2. Serta kami memanfaatkan picturebox untuk meng-import logo BEM KM UNDIP.
2. Form 2
Pada form 2 kami menamainya dengan ‘STEP 2’. Pada form 2 berisi data-data yang harus diisi mengenai data orang tua. Seperti nama ayah, No.hp ayah, pekerjaan ayah, nama ibu, no.hp ibu, pekerjaan ibu dan alamat orang tua. Pada form ini masih sederhana karena kami menggunakan sedikit tool. Tool yang kami gunakan adalah label untuk seperti nama ayah, No.hp ayah, pekerjaan ayah, nama ibu, no.hp ibu, pekerjaan ibu dan alamat orang tua. Untuk megisi data tersebut sama seperti form 1, menggunakan Textbox. Dan tombol ‘Next’ menggunakan tool Button. Tombol ‘back’ juga menggunakan tool Button. Jika ‘Next’ diklik maka akan menuju pada form 3, sedangkan untuk rombol ‘Back’ jika diklik akan kembali pada form 1. Kembali pada form satu diperlukan bila pendaftar ingin mengedit data yang telah diisi sebelumnya.
3. Form 3
Pada form 3 kami menamainya dengan ‘STEP 3’ yang merupakan langkah terakhir dalam pengisian form tersebut. Form ini berisi jabatan yang diinginkan, motivasi,pengalaman organisasi dan prestasi. Sama seperti form-form sebelumnya. Untuk penulisan jabatan yang diinginkan, motivasi,pengalaman organisasi dan prestasi kami menggunakan tool Label. Untuk pengisian nya kami menggunakan tool Textbox juga seperti pada form-form sebelumnya. Namun yang berbeda adalah untuk pengisian motivasi kami menggunakan tool Textbox yang kemudian di Multiline sama seperti pada saat pengisian tempat lahir pada form 1. Sama seperti form sebelumnya, terdapat tombol ‘next’ dan ‘back’ untuk ke form selanjutnya atau kembali ke form sebelumnya, tombol itu kamu menggunakan tool Button.
4. Form 4
Pada form 4 hanya berisi 2 tombol menggunakan tool button yaitu ‘RE-CHECK’ yaitu untuk kembali ke form 1, tujuannya untuk mengecek kembali data-data yang telah diisikan oleh pendaftar. Dan tombol button yang kedua adalah tombol ‘FINISH’ yang tujuannya untuk menuju form berikutnya.
5. Form 5
Form 5 berisi kalimat yang menggunakan tool Label yaitu ‘TERIMAKASIH TELAH MENDAFTAR’. Kemudian terdapat tombol OK yang menggunakan tool Button.
KONSEP PROGRAM 2 DIMENSI
Penggunaan tool pada program ini adalah :
1. Form1 berisi tool label yang bertuliskan “Pilih Bentuk 2D”, kemudian terdapat Textbox untuk menuliskan berbagai bentuk 2D yang telah tersedia. Tombol button tersebut jika di click akan menampakkan gambar yang telah diperintahkan. Didalam form1 tersebut berisikan semua gambar lalu semua gambar tersebut dibuat invicible agar tidak nampak saat program tersebut kita jalankan. Gambar yang tersedia adalah persegi, persegi hijau, persegi briu, persegi kuning, lingkaran, lingkaran biru, lingkaran hijau, lingkaran kuning, persegi panjang, persegi panjang biru, persegi panjang kuning, persegi panjang hijau. Dalam form1 dibuat agar tidak bisa di minimize dan restore down agar ukuran program tetap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar