Konsep Program Slot Game Gambar
Pada
jurnal modul 3 ini kami akan menjelaskan garis besar mengenai game yang kami
buat menggunakan Visual Basic 2010. Game ini semacam game slot sederhana yang
mungkin kita semua sudah tahu. Game slot yang kami buat ini adalah game slot
gambar, maksudnya gambar akan diacak dan dicari kesamaannya adalah
gambar-gambar yang sebelumnya diacak. Untuk memenangkan permainan ini, maka
harus dimainkan hingga muncul 2 gambar yang sama.
Untuk
lebih rincinya, program ini dibuat dengan 2 form, yaitu :
o Form1
Form
1 adalah form pembuka sebelum masuk ke game. Pada form1, kami beri judul
“Game”. Kemudian kami menggunakan label dari komponen toolbox. Kami ganti text
label1 menjadi “Welcome to the Slot Game”. Kami juga menggunakan butto dari
komponen toolbox dan mengganti text button1 menjadi “Start” yang berfungsi
untuk memulai permainannya sehingga akan muncul form2 apabila di klik button
tersebut. Jadi, apabila di klik start, maka akan mucul form2 dan form1 akan hide.
o
Form2
Form2
adalah isi dari permainan ini. Pada form2 kami beri judul “Game” juga. Pada
form ini, kami menggunakan picturebox untuk memasukkan gambar-gambar yang akan
muncul dalam permainan. Kami menggunakan 3 picturebox yang masing-masing
memiliki gambar yang sama namun pada saat dimainkan maka akan teracak.
Pada
form ini, kami juga menggunakan 4 button. Button1 adalah untuk spin yang
berfungsi untuk memulai permainan. Button2 adalah Stop yang berfungsi untuk
menghentikan spin. Button3 adalah Play again yang berfungsi agar pemain dapat
mengulang permainan. Button4 adalah End yang berfungsi untuk mengakhiri
permainan.
Form2
ini juga menggunakan label dari komponen toolbox. Label1 adalah nyawa. Label2
adalah jumlah nyawanya. Label3, label4, dan label5 berfungsi untuk
mengubah-ubah gambar yang tampil agar dapat diacak secara random.
o
Form3
Form3
adalah form yang berisi pertanyan untuk mencoba main lagi atau tidak pada saat
game over. Pada form ini kami menggunakan picture box, label1 yang kami beri
teks “Try Again”, button1 yang kami beri teks “Yes”, dan button2 yang berisi
teks “No”.
o
Form4
Form4 adalah
form yang berisi pertanyaan bermain lagi atau tidak pada saat memenangkan
permainan. Dalam form ini kami menggunakan background congratulation, label1
yang kami beri teks “Play again”, button1 yang kami beri teks “Yes” dan button2
yang kami beri teks “No”.
FLOWCHART SLOT GAME GAMBAR
TUTORIAL
PROGRAM GAME SLOT GAMBAR
§
Bukalah software visual basic 2010
kemudian klik new project > Windows
Form Application seperti gambar dibawah ini.
Dalam progam game slot gambar ini kami menggunakan 4
form. Lebih rincinya adalah sebagai berikut :
Ø Form1
Komponen toolbox yang digunakan
yaitu :
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
Game
|
Label1
|
Name
Text
Font
|
Label1
Welcome to the Slot Game
Gabriola, 28pt
|
Button1
|
Name
TextAlign
Text
Font
|
Button1
MiddleCenter
Start
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Listing yang digunakan pada form1
adalah :
Public Class Form1
Private Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs)
Close()
End Sub
¨ Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button4, maka keluar
dari form1
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
¨ Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button1, maka form2 akan
muncul, dan form ini akan close.
Private Sub Form1_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
End Sub
End Class
Ø Form2
Form2 akan muncul
apabila pada form1, pemain meklik start. Dan form2 merupakan form inti dari
program ini.
Komponen
toolbox yang digunakan :
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form2
|
Name
Text
|
Form2
Game
|
PictureBox1
|
Name
BackgroundImageLayout
|
PictureBox1
Stretch
|
PictureBox2
|
Name
BackgroundImageLayout
|
PictureBox2
Stretch
|
PictureBox3
|
Name
BackgroundImageLayout
|
PictureBox3
Stretch
|
Label1
|
Name
Text
Font
|
Label1
Nyawa
Kristen ITC, 10pt
|
Label2
|
Name
Text
Font
|
Label2
5
Kristen ITC, 10pt
|
Label3
|
Name
Text
Font
Visible
|
Label3
0
Microsoft Sans Serif, 8pt
False
|
Label4
|
Name
Text
Font
Visible
|
Label4
0
Microsoft Sans Serif, 8pt
False
|
Label5
|
Name
Text
Font
Visible
|
Label5
0
Microsoft Sans Serif, 8pt
False
|
Label6
|
Name
Text
Font
|
Label6
Score
Kristen ITC, 10pt
|
Button1
|
Name
Text
Font
|
Button1
Spin
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Button2
|
Name
Text
Font
|
Button2
Stop
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Button3
|
Name
Text
Font
|
Button3
Play again
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Button4
|
Name
Text
Font
|
Button4
End
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
TextBox1
|
Name
TextAlign
Font
|
TextBox1
Left
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Listing form2 yaitu :
Public Class Form2
Sub spin()
Label3.Text = CStr(Int(Rnd()
* 10))
Label4.Text = CStr(Int(Rnd()
* 10))
Label5.Text = CStr(Int(Rnd()
* 10))
End Sub
Private Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
Close()
End Sub
¨ Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button4, maka akan
keluar dari form2
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Timer1.Enabled = False
If
(Label3.Text = Label4.Text) Or Label4.Text =
Label5.Text Or Label3.Text = Label5.Text Then Form4.Show()
If
(Label3.Text = Label4.Text) Or Label4.Text =
Label5.Text Or Label3.Text = Label5.Text Then Label2.Text = Label2.Text
If
(Label3.Text = Label4.Text) Or Label4.Text =
Label5.Text Or Label3.Text = Label5.Text Then TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text) + 100
If
Label2.Text = 0 Then Form3.Show()
If
Label2.Text = 0 Then Me.Close()
Button1.Enabled = True
Button2.Enabled = True
Button3.Enabled = True
End Sub
¨ Maksud dari listing diatas adalah apabila gambar yang kembar, maka form4
atau form congratulation akan tampil, kemudian score akan bertambah 100 dan
nyawa akan bertambah 1. Dan apabila nyawanya sudah habis, maka akan muncul form
game over, dan form2 akan close.
Private Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Label2.Text = 5
If
Label2.Text > 1 Then Button1.Enabled = True
End Sub
¨ Maksud dari form diatas adalah apabila di klik button3 (Play again) maka
nyawa akan kembali menjadi 5 dan selama nyawanya lebih dari 0 maka
button1(spin) akan tetap bisa digunakan.
Private Sub Timer1_Tick(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
Call
spin()
If
Label3.Text = 1 Then PictureBox1.Image = My.Resources.apple2
If
Label3.Text = 2 Then PictureBox1.Image = My.Resources.banana
If
Label3.Text = 3 Then PictureBox1.Image = My.Resources.cartoon_strawberry
If
Label3.Text = 4 Then PictureBox1.Image = My.Resources.Cherry_10
If
Label3.Text = 5 Then PictureBox1.Image = My.Resources.watermelon_simple
If Label3.Text = 6 Then
PictureBox1.Image = My.Resources.orange
If
Label3.Text = 7 Then PictureBox1.Image = My.Resources.grape
If
Label3.Text = 8 Then PictureBox1.Image = My.Resources.kiwi
If
Label3.Text = 9 Then PictureBox1.Image = My.Resources.mango
If
Label3.Text = 0 Then PictureBox1.Image = My.Resources.pinneaple
If
Label4.Text = 1 Then PictureBox2.Image = My.Resources.apple2
If
Label4.Text = 2 Then PictureBox2.Image = My.Resources.banana
If Label4.Text
= 3 Then PictureBox2.Image = My.Resources.cartoon_strawberry
If
Label4.Text = 4 Then PictureBox2.Image = My.Resources.Cherry_10
If
Label4.Text = 5 Then PictureBox2.Image = My.Resources.watermelon_simple
If
Label4.Text = 6 Then PictureBox2.Image = My.Resources.orange
If
Label4.Text = 7 Then PictureBox2.Image = My.Resources.grape
If
Label4.Text = 8 Then PictureBox2.Image = My.Resources.kiwi
If
Label4.Text = 9 Then PictureBox2.Image = My.Resources.mango
If
Label4.Text = 0 Then PictureBox2.Image = My.Resources.pinneaple
If
Label5.Text = 1 Then PictureBox3.Image = My.Resources.apple2
If
Label5.Text = 2 Then PictureBox3.Image = My.Resources.banana
If
Label5.Text = 3 Then PictureBox3.Image = My.Resources.cartoon_strawberry
If
Label5.Text = 4 Then PictureBox3.Image = My.Resources.Cherry_10
If
Label5.Text = 5 Then PictureBox3.Image = My.Resources.watermelon_simple
If
Label5.Text = 6 Then PictureBox3.Image = My.Resources.orange
If
Label5.Text = 7 Then PictureBox3.Image = My.Resources.grape
If
Label5.Text = 8 Then PictureBox3.Image = My.Resources.kiwi
If
Label5.Text = 9 Then PictureBox3.Image = My.Resources.mango
If
Label5.Text = 0 Then PictureBox3.Image = My.Resources.pinneaple
End Sub
¨ Maksud dari listing diatas adalah untuk mengacak gambar pada saat di spin.
Didalam image resources terdapat 10 gambar untuk diacak dan tampilkan. Fungsi
dari timer adalah untuk merandom gambar-gambar tersebut.
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Call
Spin()
If
Label2.Text = 1 Then Button1.Enabled = False
Label2.Text = Val(Label2.Text - 1)
Timer1.Enabled = True
Label3.Text = ""
Label4.Text = ""
Label5.Text = ""
If
Timer1.Enabled = True Then
Button1.Enabled = False
If
Timer1.Enabled = True Then
Button2.Enabled = True
If
Timer1.Enabled = True Then
Button3.Enabled = False
End Sub
¨ Maksud dari listing diatas adalah apabila setiap klik spin kemudian stop,
maka nyawa akan berkurang 1. Begitupun untuk spin dan stop berikutnya.
Private Sub Form2_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
End Sub
End Class
Ø Form3
Form3 akan muncul
ketika permainan game over. Disana terdapat pilihan untuk mencoba lagi atau
tidak. Jika ya, maka akan kembali ke form2, jika tidak maka permainan akan
selesai.
Komponen toolbox yang digunakan adalah :
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form3
|
Name
Text
|
Form3
Game Over
|
Button1
|
Name
Text
Font
|
Button1
Yes
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Button2
|
Name
Text
Font
|
Button2
No
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
PictureBox1
|
Name
BackgroundImageLayout
|
PictureBox1
Stretch
|
Label1
|
Name
Text
Font
|
Label1
Try Again ?
Segoe Print, 16pt
|
Listing
yang digunakan :
Public Class Form3
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
¨
Maksud dari listing diatas adalah
apabila di klik button1(yes), maka form2 akan muncul dan form3 akan hilang.
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Form1.Close()
Form2.Close()
Form4.Close()
End Sub
¨
Maksud dari listing diatas adalah
apabila di klik button2(No) maka semua form akan tutup.
Private Sub Form3_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
End Sub
End Class
Ø Form4
Form4
akan muncul ketika permainan dimenangkan oleh pemain. Disana terdapat pilihan
untuk main lagi atau tidak. Jika ya, maka akan kembali ke form2, jika tidak
maka permainan akan selesai.
Komponen toolbox yang digunakan :
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form4
|
Name
Text
|
Form4
Congratulation:D
|
Button1
|
Name
Text
Font
|
Button1
Yes
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Button2
|
Name
Text
Font
|
Button2
No
Microsoft Sans Serif, 8pt
|
Label1
|
Name
Text
Font
|
Label1
Play Again ?
Showcard Gothic, 22pt
|
Listing
yang digunakan :
Public Class Form4
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form2.Show()
Form2.Label2.Text = Form2.Label2.Text +
1
Me.Hide()
End Sub
¨
Maksud dari listing diatas adalah
apabila di klik button1(yes) maka form2 akan muncul dan form4 akan tertutup.
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Form1.Close()
Form2.Close()
Form3.Close()
End Sub
¨
Maksud dari listing diatas adalah
apabila di klik button2(No) maka semua form akan tertutup.
Private Sub Form4_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
End Sub
End Class
Tidak ada komentar:
Posting Komentar