Kamis, 06 Desember 2012

Program Slot Game Gambar



Konsep Program Slot Game Gambar

Pada jurnal modul 3 ini kami akan menjelaskan garis besar mengenai game yang kami buat menggunakan Visual Basic 2010. Game ini semacam game slot sederhana yang mungkin kita semua sudah tahu. Game slot yang kami buat ini adalah game slot gambar, maksudnya gambar akan diacak dan dicari kesamaannya adalah gambar-gambar yang sebelumnya diacak. Untuk memenangkan permainan ini, maka harus dimainkan hingga muncul 2 gambar yang sama.
Untuk lebih rincinya, program ini dibuat dengan 2 form, yaitu :
o  Form1


Form 1 adalah form pembuka sebelum masuk ke game. Pada form1, kami beri judul “Game”. Kemudian kami menggunakan label dari komponen toolbox. Kami ganti text label1 menjadi “Welcome to the Slot Game”. Kami juga menggunakan butto dari komponen toolbox dan mengganti text button1 menjadi “Start” yang berfungsi untuk memulai permainannya sehingga akan muncul form2 apabila di klik button tersebut. Jadi, apabila di klik start, maka akan mucul form2 dan form1 akan hide.

o   Form2

Form2 adalah isi dari permainan ini. Pada form2 kami beri judul “Game” juga. Pada form ini, kami menggunakan picturebox untuk memasukkan gambar-gambar yang akan muncul dalam permainan. Kami menggunakan 3 picturebox yang masing-masing memiliki gambar yang sama namun pada saat dimainkan maka akan teracak.
Pada form ini, kami juga menggunakan 4 button. Button1 adalah untuk spin yang berfungsi untuk memulai permainan. Button2 adalah Stop yang berfungsi untuk menghentikan spin. Button3 adalah Play again yang berfungsi agar pemain dapat mengulang permainan. Button4 adalah End yang berfungsi untuk mengakhiri permainan.
Form2 ini juga menggunakan label dari komponen toolbox. Label1 adalah nyawa. Label2 adalah jumlah nyawanya. Label3, label4, dan label5 berfungsi untuk mengubah-ubah gambar yang tampil agar dapat diacak secara random.
o   Form3

Form3 adalah form yang berisi pertanyan untuk mencoba main lagi atau tidak pada saat game over. Pada form ini kami menggunakan picture box, label1 yang kami beri teks “Try Again”, button1 yang kami beri teks “Yes”, dan button2 yang berisi teks “No”.
o   Form4

Form4 adalah form yang berisi pertanyaan bermain lagi atau tidak pada saat memenangkan permainan. Dalam form ini kami menggunakan background congratulation, label1 yang kami beri teks “Play again”, button1 yang kami beri teks “Yes” dan button2 yang kami beri teks “No”.

FLOWCHART SLOT GAME GAMBAR

TUTORIAL PROGRAM GAME SLOT GAMBAR

§      Bukalah software visual basic 2010 kemudian klik new project >  Windows Form Application seperti gambar dibawah ini.









Dalam progam game slot gambar ini kami menggunakan 4 form. Lebih rincinya adalah sebagai berikut :
Ø  Form1


Komponen toolbox yang digunakan yaitu :
Komponen
Properties
Keterangan
Form1
Name
Text
Form1
Game
Label1
Name
Text
Font
Label1
Welcome to the Slot Game
Gabriola, 28pt
Button1
Name
TextAlign
Text
Font
Button1
MiddleCenter
Start
Microsoft Sans Serif, 8pt

Listing yang digunakan pada form1 adalah :
Public Class Form1

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
        Close()
    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button4, maka keluar dari form1

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
        Me.Hide()
    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button1, maka form2 akan muncul, dan form ini akan close.

Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub

End Class


Ø  Form2


Form2 akan muncul apabila pada form1, pemain meklik start. Dan form2 merupakan form inti dari program ini.
Komponen toolbox yang digunakan :
Komponen
Properties
Keterangan
Form2
Name
Text
Form2
Game
PictureBox1
Name
BackgroundImageLayout
PictureBox1
Stretch
PictureBox2
Name
BackgroundImageLayout
PictureBox2
Stretch
PictureBox3
Name
BackgroundImageLayout
PictureBox3
Stretch
Label1
Name
Text
Font
Label1
Nyawa
Kristen ITC, 10pt
Label2
Name
Text
Font
Label2
5
Kristen ITC, 10pt
Label3
Name
Text
Font
Visible
Label3
0
Microsoft Sans Serif, 8pt
False
Label4
Name
Text
Font
Visible
Label4
0
Microsoft Sans Serif, 8pt
False
Label5
Name
Text
Font
Visible
Label5
0
Microsoft Sans Serif, 8pt
False
Label6
Name
Text
Font
Label6
Score
Kristen ITC, 10pt
Button1
Name
Text
Font
Button1
Spin
Microsoft Sans Serif, 8pt
Button2
Name
Text
Font
Button2
Stop
Microsoft Sans Serif, 8pt
Button3
Name
Text
Font
Button3
Play again
Microsoft Sans Serif, 8pt
Button4
Name
Text
Font
Button4
End
Microsoft Sans Serif, 8pt
TextBox1
Name
TextAlign
Font
TextBox1
Left
Microsoft Sans Serif, 8pt

Listing form2 yaitu :

Public Class Form2
    Sub spin()
        Label3.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
        Label4.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
        Label5.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
    End Sub
    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        Close()
    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button4, maka akan keluar dari form2

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Timer1.Enabled = False
        If (Label3.Text = Label4.Text) Or Label4.Text = Label5.Text Or Label3.Text = Label5.Text Then Form4.Show()
        If (Label3.Text = Label4.Text) Or Label4.Text = Label5.Text Or Label3.Text = Label5.Text Then Label2.Text = Label2.Text
        If (Label3.Text = Label4.Text) Or Label4.Text = Label5.Text Or Label3.Text = Label5.Text Then TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text) + 100

        If Label2.Text = 0 Then Form3.Show()
        If Label2.Text = 0 Then Me.Close()

        Button1.Enabled = True
        Button2.Enabled = True
        Button3.Enabled = True
    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila gambar yang kembar, maka form4 atau form congratulation akan tampil, kemudian score akan bertambah 100 dan nyawa akan bertambah 1. Dan apabila nyawanya sudah habis, maka akan muncul form game over, dan form2 akan close.

    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        Label2.Text = 5
        If Label2.Text > 1 Then Button1.Enabled = True
    End Sub

¨       Maksud dari form diatas adalah apabila di klik button3 (Play again) maka nyawa akan kembali menjadi 5 dan selama nyawanya lebih dari 0 maka button1(spin) akan tetap bisa digunakan.

    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        Call spin()
        If Label3.Text = 1 Then PictureBox1.Image = My.Resources.apple2
        If Label3.Text = 2 Then PictureBox1.Image = My.Resources.banana
        If Label3.Text = 3 Then PictureBox1.Image = My.Resources.cartoon_strawberry
        If Label3.Text = 4 Then PictureBox1.Image = My.Resources.Cherry_10
        If Label3.Text = 5 Then PictureBox1.Image = My.Resources.watermelon_simple
        If Label3.Text = 6 Then PictureBox1.Image = My.Resources.orange
        If Label3.Text = 7 Then PictureBox1.Image = My.Resources.grape
        If Label3.Text = 8 Then PictureBox1.Image = My.Resources.kiwi
        If Label3.Text = 9 Then PictureBox1.Image = My.Resources.mango
        If Label3.Text = 0 Then PictureBox1.Image = My.Resources.pinneaple

        If Label4.Text = 1 Then PictureBox2.Image = My.Resources.apple2
        If Label4.Text = 2 Then PictureBox2.Image = My.Resources.banana
        If Label4.Text = 3 Then PictureBox2.Image = My.Resources.cartoon_strawberry
        If Label4.Text = 4 Then PictureBox2.Image = My.Resources.Cherry_10
        If Label4.Text = 5 Then PictureBox2.Image = My.Resources.watermelon_simple
        If Label4.Text = 6 Then PictureBox2.Image = My.Resources.orange
        If Label4.Text = 7 Then PictureBox2.Image = My.Resources.grape
        If Label4.Text = 8 Then PictureBox2.Image = My.Resources.kiwi
        If Label4.Text = 9 Then PictureBox2.Image = My.Resources.mango
        If Label4.Text = 0 Then PictureBox2.Image = My.Resources.pinneaple

        If Label5.Text = 1 Then PictureBox3.Image = My.Resources.apple2
        If Label5.Text = 2 Then PictureBox3.Image = My.Resources.banana
        If Label5.Text = 3 Then PictureBox3.Image = My.Resources.cartoon_strawberry
        If Label5.Text = 4 Then PictureBox3.Image = My.Resources.Cherry_10
        If Label5.Text = 5 Then PictureBox3.Image = My.Resources.watermelon_simple
        If Label5.Text = 6 Then PictureBox3.Image = My.Resources.orange
        If Label5.Text = 7 Then PictureBox3.Image = My.Resources.grape
        If Label5.Text = 8 Then PictureBox3.Image = My.Resources.kiwi
        If Label5.Text = 9 Then PictureBox3.Image = My.Resources.mango
        If Label5.Text = 0 Then PictureBox3.Image = My.Resources.pinneaple
    End Sub
¨       Maksud dari listing diatas adalah untuk mengacak gambar pada saat di spin. Didalam image resources terdapat 10 gambar untuk diacak dan tampilkan. Fungsi dari timer adalah untuk merandom gambar-gambar tersebut.

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Call Spin()
        If Label2.Text = 1 Then Button1.Enabled = False
        Label2.Text = Val(Label2.Text - 1)
        Timer1.Enabled = True
        Label3.Text = ""
        Label4.Text = ""
        Label5.Text = ""

        If Timer1.Enabled = True Then Button1.Enabled = False
        If Timer1.Enabled = True Then Button2.Enabled = True
        If Timer1.Enabled = True Then Button3.Enabled = False

    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila setiap klik spin kemudian stop, maka nyawa akan berkurang 1. Begitupun untuk spin dan stop berikutnya.

    Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub
End Class

Ø  Form3


Form3 akan muncul ketika permainan game over. Disana terdapat pilihan untuk mencoba lagi atau tidak. Jika ya, maka akan kembali ke form2, jika tidak maka permainan akan selesai.
Komponen toolbox yang digunakan adalah :
Komponen
Properties
Keterangan
Form3
Name
Text
Form3
Game Over
Button1
Name
Text
Font
Button1
Yes
Microsoft Sans Serif, 8pt
Button2
Name
Text
Font
Button2
No
Microsoft Sans Serif, 8pt
PictureBox1
Name
BackgroundImageLayout
PictureBox1
Stretch
Label1
Name
Text
Font
Label1
Try Again ?
Segoe Print, 16pt

Listing yang digunakan :
Public Class Form3

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
        Me.Hide()
    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button1(yes), maka form2 akan muncul dan form3 akan hilang.

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Form1.Close()
        Form2.Close()
        Form4.Close()

    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button2(No) maka semua form akan tutup.

    Private Sub Form3_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub
End Class
Ø  Form4


Form4 akan muncul ketika permainan dimenangkan oleh pemain. Disana terdapat pilihan untuk main lagi atau tidak. Jika ya, maka akan kembali ke form2, jika tidak maka permainan akan selesai.
Komponen toolbox yang digunakan :
Komponen
Properties
Keterangan
Form4
Name
Text
Form4
Congratulation:D
Button1
Name
Text
Font
Button1
Yes
Microsoft Sans Serif, 8pt
Button2
Name
Text
Font
Button2
No
Microsoft Sans Serif, 8pt
Label1
Name
Text
Font
Label1
Play Again ?
Showcard Gothic, 22pt

Listing yang digunakan :
Public Class Form4

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
        Form2.Label2.Text = Form2.Label2.Text + 1
        Me.Hide()
    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button1(yes) maka form2 akan muncul dan form4 akan tertutup.

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Form1.Close()
        Form2.Close()
        Form3.Close()
    End Sub

¨       Maksud dari listing diatas adalah apabila di klik button2(No) maka semua form akan tertutup.

    Private Sub Form4_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub
End Class




Tidak ada komentar:

Posting Komentar